Kenali Bahan Aktif Skincare Anti Polusi: Phytomarine® Aegis

Polusi udara merupakan salah satu faktor eksternal yang dapat menambah stress pada kulit, menyebabkan kulit menjadi kusam dan berpotensi mengalami penuaan dini. Oleh karena itu, muncul tren produk anti polusi yang dapat melindungi kulit dari polusi, untuk mendukung aktivitas di luar ruangan pada daerah perkotaan. Apa itu skincare anti polusi, dan bagaimana cara kerjanya? Baca selengkapnya untuk mengetahui lebih lanjut, terutama mengenai Phytomarine® Aegis, bahan aktif anti polusi yang berasal dari alam.

Dalam Artikel Ini

Efek Polusi Lingkungan ke Kulit

Pada tahun 2019, World Health Organization (WHO) menyatakan bahwa 99% populasi global tinggal di lingkungan yang memiliki level polusi udaranya melebihi batasan yang ditetapkan WHO. Padahal, polusi udara merupakan salah satu faktor yang menyebabkan proses penuaan pada kulit, kerusakan skin barrier, dan gangguan kulit lainnya.

Penelitian menunjukkan bahwa eksposur pada polusi udara seperti bahan partikulat (PM), asap rokok, dan pencemar udara lainnya dapat menyebabkan beberapa masalah kulit seperti:

  • Kulit Kusam
  • Penuaan Pada Kulit
  • Atopik Dermatitis
  • Jerawat dan Reaksi Alergi

Tren Skincare Anti Polusi

Kebutuhan akan produk perawatan kulit yang mampu menangkal permasalahan akibat polusi udara semakin meningkat. Pada tahun 2022, pasar skincare anti polusi secara global mencapai 7.9 milyar USD, dan diprediksi akan tumbuh dengan CAGR rata-rata sebesar 7.4% hingga tahun 2032. Pertumbuhan ini didorong juga seiring dengan berkembangnya laju urbanisasi dan industrialisasi.

Di Indonesia, semakin banyak bermunculan produk-produk antioksidan sebagai penangkal radikal bebas, terutama pada industri kecantikan. Produk-produk perawatan kulit (skincare) dan juga kosmetik anti polusi juga mulai berkembang. Hal ini menjadi tantangan bagi para formulator untuk mengembangkan produk yang efektif dan juga mengandung bahan aktif anti polusi. Sebagai pendukung inovasi yang berkelanjutan, Maha menyediakan bahan aktif anti polusi yang efektif dan berasal dari bahan natural, Phytomarine® Aegis.

Phytomarine® Aegis: Bahan Aktif Anti Polusi Untuk Kulit

Phytomarine® Aegis adalah kombinasi dari dua bahan bioaktif yang berfungsi untuk sebagai bahan aktif anti polusi yang melindungi dan memperbaiki kulit dari paparan polusi. Dengan bahan aktif double-action sebagai berikut:

  • Xanthium Strumarium: tanaman herbal yang berasal dari Amerika Utara dan dapat ditemukan juga di Eropa dan Asia ini memiliki khasiat untuk memperbaiki skin barrier dengan menghambat mediator proinflamasi yang dilepaskan saat kulit terpapar polusi.
  • Medusa: bioaktif yang berasal dari ubur-ubur, mengandung mucin (3x lebih hydrating dibandingkan asam hyaluronat), yang berfungsi mengurangi kerusakan pada sel dan meningkatkan ikatan keratinocytes pada kulit untuk memberikan proteksi dari polusi dan zat polutan lainnya.

Tabel 1. Sifat fisik Phytomarine® Aegis: Bahan Aktif Anti Polusi untuk Skincare

Parameter Deskripsi
Tampilan
Cairan berwarna cokelat muda hingga cokelat tua
pH
5.5 - 6.5
Specific Gravity (25 degC)
0.984 - 1.024
Refraction value
1.342 - 1.352

Manfaat Phytomarine® Aegis

Proteksi Kulit dari Polusi

Phytomarine® Aegis berfungsi untuk meningkatkan skin barrier melalui sintesis filaggrin (FG) atau loricine (LOR), yang telah dibuktikan melalui pengujian in-vitro. Selain itu, mucin dari ubur-ubur memiliki efek hidrasi yang 3x lebih tinggi dibandingkan asam hyaluronat, sehingga bahan ini juga dapat menjaga kelembapan kulit. Terlebih lagi, diamati juga peningkatan aktivitas dan kerapatan pada sel sehingga kulit mendapatkan proteksi dari polutan dan pencemar yang terdapat pada lingkungan.

phytomarine aegis in vitro meningkatkan filaggrin
Gambar 1. Peningkatan ekspresi filaggrin dengan penambahan Phytomarine Aegis (PA) dibandingkan Asam Hyaluronat (HA)
phytomarine aegis meningkatkan ekspresi lor
Gambar 2. Peningkatan ekspresi LOR dengan penambahan 1% dan 2% Phytomarine Aegis

Memperbaiki Kerusakan Kulit

Sifat anti-inflammasi dan anti-irritant dari Phytomarine® Aegis bermanfaat dalam memperbaiki kerusakan kulit akibat polusi dari lingkungan. Bahan ini bekerja dengan menghambat sintesis protein Interleukin-1α (II-1α), nerve growth factor (NGF), dan  Interluekin-6 (IL-6) yang menyebabkan reaksi inflamasi pada kulit, sehingga meredakan kulit sensitif. Selain itu, penelitian juga mengamati adanya penurunan ekspresi reseptor hidrokarbon aryl (AhR), protaglandin E2 (PGE2), atau cyclooxygenase 2 (COX-2).

phytomarine aegis in-vitro anti-inflammatory
Gambar 3. Penurunan aktivitas sitokin setelah penambahan Phytomarine Aegis 2%
phytomarine aegis in vitro ahr anti inflammatory
Gambar 4. Penurunan ekspresi reseptor AhR dengan penambahan 1% dan 2% Phytomarine Aegis
Gambar 5. Penurunan ekspresi COX-2 dan PGE2 dengan penambahan 1% dan 2% Phytomarine Aegis

Aplikasi Phytomarine® Aegis dalam Formulasi Skincare

Phytomarine® Aegis sebagai bahan aktif anti polusi dapat diaplikasikan pada berbagai produk perawatan kulit dan rambut, dalam bentuk krim, serum, lotion, shampoo, maupun conditioner. Phytomarine® Aegis juga aman digunakan untuk produk perawatan kulit untuk bayi. Beberapa karakteristik dari bahan ini dalam formulasi antara lain:

  • Larut dalam air (water-soluble)
  • Mudah diaplikasikan dalam formulasi
  • Konsentrasi yang dibutuhkan sangat rendah
  • Kompatibel dengan kosmetik yang berwarna
Rekomendasi dosis dalam formulasi: 0.5-5.0%

Supplier Phytomarine® Aegis di Indonesia

Maha merupakan distributor resmi untuk produk Phytomarine® Aegis di Indonesia. Sedang mengembangkan produk perawatan kulit anti polusi? Hubungi tim teknikal kami yang berpengalaman untuk berkonsultasi seputar formulasi. Dapatkan informasi lebih lanjut mengenai studi efikasi, technical data sheet, dan lainnya, kontak kami melalui email id@maha.asia.

Referensi:

  • Martic, Ines et. al. (2022) Effects of Air Pollution on Cellular Senescence and Skin Aging. Cells. 
  • Future Market Insights Inc,. (2022). Anti-Pollution Skin Care Market Report, diakses pada 26 Maret 2024

Tertarik untuk mencoba Phytomarine® Aegis?

Kontak kami melalui form berikut untuk mendapatkan SAMPLE GRATIS sekarang!

ARTIKEL TERKAIT