HunterLab: Alat Ukur Warna untuk Bumbu Dapur yang Akurat

Seiring dengan perkembangan zaman, bukan hanya celebrity chef yang menggunggah resep makanan dan video masak mereka di sosial media. Kini telah banyak content creator, yang juga membagikan video tentang resep masakan mereka, bahkan para blogger kuliner pun harus menulis artikel atau jurnal seputar makanan ataupun resep dengan semenarik mungkin. Maka dari itu, pemilihan warna bumbu dapur yang cerah kini menjadi hal yang sangat penting. Selain menggambarkan bahwa bumbu dapur tersebut berkualitas baik, pemilihan warna ini juga dapat memaksimalkan daya tarik pada setiap resep yang diunggah dalam bentuk blog atau video. Dengan hal ini, produsen bumbu dapur perlu lebih memprioritaskan pengukuran warna dan mengeksplorasikan opsi untuk lebih mengoptimalkan kualitas. Pelajari selengkapnya cara menentukan kualitas bumbu dapur melalui warna

Daftar Isi

Pentingnya Pengukuran Warna pada Produksi Bumbu Dapur

Mengukur warna dari bumbu yang diproses merupakan hal yang perlu diperhatikan oleh para produsen bumbu dapur, dan setidaknya dilakukan sekali di akhir proses. Namun, dianjurkan untuk melakukan pengukuran warna sementara pada tahap-tahap penting dalam proses produksi dengan menggunakan spektrofotometer warna. Hal ini untuk membantu produsen untuk memantau kualitas warna bumbu, sehingga kemungkinan terjadinya masalah dapat diatasi lebih awal, dan mencegah masalah lebih besar yang menyebabkan sampel terbuang. Jika alat ukur warna mengidentifikasi bumbu dapur yang warnanya tidak sesuai spesifikasi, maka bumbu dapur tersebut harus segera diisolasi untuk diteliti lagi mengenai apa yang membuat spesifikasinya tidak sesuai, dan mengurangi risiko kehilangan sumber daya dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Tantangan dalam Pengukuran Warna Bumbu Dapur

Berikut ini merupakan beberapa kendala yang seringkali dialami oleh produsen bumbu:

a. Proses Preparasi yang Panjang

Untuk melakukan proses pengukuran warna dengan spektrofotometer biasa diperlukan waktu dan sumber daya lebih banyak, karena panjangnya preparasi yang perlu dilakukan. Dalam proses preparasi tersebut tentu memakan banyak waktu dan tenaga.

b. Jumlah Sampel

Selain proses preparasi yang panjang, para produsen juga tidak jarang mempertimbangkan mengenai berkurangnya produk mereka, apalagi jika produk tersebut diproduksi dari bumbu dapur yang tidak murah seperti kunyit, jintan hitam, dan kapulaga. Para produsen pasti mempertimbangkan untuk menggunakan spektrofotometer yang mampu mengukur sampel lebih kecil, dan spektrofotometer semacam itu masih jarang ditemukan.

c. Variasi dengan Warna Serupa

Bagi produsen yang menawarkan bumbu dengan beberapa variasi seperti bubuk cabe dengan rasa ringan, bubuk cabe dengan rasa sedang, dan bubuk cabe dengan rasa pedas, penting untuk memastikan bahwa pelanggan dapat membedakan masing-masing variasi tersebut, agar tidak salah dalam mengambil bahan yang mereka butuhkan.

Solusi Pengukuran Warna dengan HunterLab

HunterLab merupakan solusi untuk mempermudah serta mempercepat proses kontrol kualitas warna pada produk. Dengan rangkaian instrumen portabel, benchtop, dan online yang komprehensif, teknologi terkini kami telah dikembangkan untuk memenuhi standar terbaik bagi pelanggan kami, memberikan wawasan yang mereka andalkan untuk mengoptimalkan akurasi dan presisi warna. Produk tersebut diantaranya: 

a. HunterLab Aeros

aeros-spectrophotometer
Gambar 1. HunterLab Aeros

HunterLab Aeros dengan teknologi terkini dirancang khusus untuk pengukuran sampel non-kontak. Hal ini tentu dapat menghemat waktu dan tenaga kerja, serta meminimalisir resiko kesalahan pengguna dalam proses pengukuran warna. HunterLab Aeros dilengkapi dengan perangkat lunak pengukuran warna yang dapat menyimpan dan mengembalikan ribuan data, yang ditampilkan dan disimpan secara digital, serta dapat dibagikan secara nirkabel, sehingga alur kerja lebih efisien. Fitur-fitur ini sangat membantu dalam mempercepat proses kontrol kualitas dan meringankan produsen bumbu dalam proses pengukuran warna.

b. HunterLab UltraScan Pro

HunterLab UltraScan PRO dengan gelas sampel khusus yang ideal dapat meminimalisir jumlah sampel yang diperlukan untuk pengukuran, tanpa mengurangi keakuratan hasil, sehingga tidak perlu menggunakan banyak bumbu dapur yang mahal dan dapat menghindari kerugian. HunterLab menawarkan aksesori sampel semi-mikro yang hanya membutuhkan 0,4cc bubuk untuk analisis yang akurat ketika dipasangkan dengan pelat port SAV HunterLab. Hal ini sangat membantu para produsen bumbu dapur secara finansial dalam memantau dan mengevaluasi warna bumbu dapur yang mahal, baik selama proses pembuatan maupun sesudahnya, sebagai bagian dari evaluasi akhir untuk kontrol kualitas produk tersebut.

ultrascan pro
Gambar 2. HunterLab UltraScan Pro

c. HunterLab EasyMatch QC

Easymatch QC
Gambar 3. HunterLab EasyMatch QC

HunterLab EasyMatch QC Essentials dapat membantu  pengguna untuk membuat dan menggunakan ribuan standar warna dengan mudah, sekaligus meningkatkan kemampuan pelanggan untuk memperoleh, menganalisis, dan berbagi data warna. Software ini juga digunakan untuk memastikan konsistensi warna pada bumbu yang diproduksi, agar warna bumbu pada awal produksi, hingga produksi terbaru tetap sama.

Supplier HunterLab di Indonesia

Maha merupakan distributor resmi HunterLab di Indonesia. Hubungi kami melalui id@maha.asia untuk mengetahui produk kami lebih lanjut dan membantu para produsen bumbu memilih alat yang tepat untuk menyempurnakan bumbu dapurnya.

ARTIKEL TERKAIT