ENCOR 2787: Binder Cat Hidrofobik Untuk Cat Tahan Air

Cat tembok yang mengelupas, retak, atau pengapur merupakan permasalahan yang seringkali kita jumpai. Padahal, ketahanan cat tembok terhadap lingkungan merupakan salah satu indikator kualitas cat tersebut. Maka dari itu, solusi untuk cat tembok kedap air masih banyak diperbincangkan. Salah satunya adalah bahan akrilik murni hidrofobik yang dapat menahan air dengan baik. Pelajari lebih lanjut mengenai ENCOR 2787, sebuah binder cat akrilik murni hidrofobik. Bahan ini juga tidak mengandung alkylphenol ethoxylates atau  senyawa pelepas formaldehide lain sehingga membuatnya lebih aman dan tahan lama.

Daftar isi

Mengenal Akrilik Murni Hidrofobik

Dalam dunia cat dan sealant, sifat ketahanan terhadap air merupakan salah satu parameter yang penting. Salah satu kendala utama saat mengaplikasikan cat tembok yang seringkali terjadi adalah pengapuran, keretakan, blistering, dan pengelupasan ketika cat dihadapkan dengan berbagai kondisi lingkungan (cuaca panas, mendung, hujan). 

Akrilik Murni Hidrofobik adalah polimer akrilik khusus yang terkenal dengan sifat ketahanan air yang luar biasa, yang membuatnya dapat menahan air secara efisien. Karakteristik mumpuni inilah yang menjadikannya sebagai bahan baku cat yang ideal, dan tahan terhadap kelembaban serta hujan tanpa mengurangi performa utama binder cat sebagai pengikat.

ENCOR 2787: Binder Cat Hidrofobik

ENCOR 2787 adalah sebuah binder cat akrilik murni hidrofobik yang telah menetapkan standar baru dalam dunia coating. ENCOR 2787 diformulasikan tanpa menggunakan alkylphenol ethoxylates atau bahan pelepas formaldehida lainnya. Formulasi ini dibuat khusus untuk cat eksterior premium. Kelebihannya dibandingkan binder cat lain adalah kemampuan adaptasinya yang luar biasa. Meskipun didesain untuk aplikasi eksterior, sifat hidrofobiknya ini menjadikan ENCOR 2787  cocok untuk diaplikasikan pada cat dinding interior, pelapis kayu, dan plester mosaik. Buktikan sendiri daya tahan yang luar biasa, ketahanan noda yang sempurna, dan kemudahan pembersihan dari ENCOR 2787.

Kelebihan ENCOR 2787 Dibandingkan Bandar Cat Lain

Temukan potensi dan performa ENCOR 2787 yang lebih unggul dibandingkan dengan emulsi akrilik standar lainnya. Tingginya densitas crosslinking dan keseimbangan antara pembentukan film dan densitas crosslinking menjadikan formulasi ini memiliki ketahanan terhadap air yang luar biasa. Bahan ini menawarkan keunggulan unik dan waktu pengeringan yang cepat dengan tetap mempertahankam fleksibilitas filmnya.

Berikut manfaat ENCOR 2787 lainnya :

  • Ketahanan air yang luar biasa dengan tetap mempertahankan transparansi film
  • Daya tahan eksterior yang luar biasa
  • Daya tahan terhadap debu yang baik
  • Ketahanan terhadap basa
  • Mudah dibersihkan
Dengan waktu pengeringan cepat dan fleksibilitas yang ditawarkan ENCOR 2787 pengembangan formulasi cat tahan air yang berkualitas kini lebih mudah.

Figure 1. Water whitening resistant
Gambar 1. Bahan tahan air

Hasil Water Whitening Test ENCOR 2787 Dibandingkan Dengan Emulsi Akrilik Standar Dengan MFFT 12°C:

Sampel yang diformulasikan dengan coalescent untuk pembentukan film yang baik pada ketebalan 150 μm diatas kaca. Sampel dibiarkan kering selama 24 jam terlebih dahulu, lalu direndam dalam air bersuhu 23°C selama 24 jam. ENCOR 2787 tetap transparan setelah direndam dalam air.

Aplikasi pada cat tembok eksterior :

ENCOR 2787 tidak menunjukkan adanya pengapuran, keretakan, pelepuhan dan pengelupasan. Memiliki performa yang sangat baik sebagai cat tembok eksterior premium.

Gambar 2. Pelapukan alami selama 36 bulan
Gambar 2. Pelapukan alami selama 36 bulan
Hasil uji ENCOR pada kayu
Gambar 3. Hasil uji ENCOR pada kayu

ENCOR 2787 menunjukkan kinerja sangat baik saat diuji pada lapisan kayu selama 2 tahun, baik pada kayu baru maupun kayu tua.

Aplikasi ENCOR 2787

ENCOR 2787 adalah solusi yang tepat dan serbaguna untuk berbagai aplikasi. Aplikasi tersebut antara lain :

  • Cat fasad eksterior
  • Pelapis kayu eksterior
  • Cat interior premium dengan ketahanan noda yang mumpuni
  • Akrilik universal 

Formulasi ini dapat menjadi alternatif yang sangat membantu. Selain itu, ini adalah pilihan tepat untuk plester mosaik.

Supplier ENCOR 2787 di Indonesia

Selain berperan ganda sebagai binder cat dan bahan anti air, ENCOR 2787 juga ramah lingkungan karena tidak melepaskan zat formaldehida yang berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan. 

Maha merupakan distributor resmi ENCOR 2787 di Indonesia. Konsultasikan kebutuhan Anda dengan tim teknikal kami di id@maha.asia!

ARTIKEL TERKAIT