Upaya Mengurangi Dampak Limbah Elektronik ke Lingkungan

Limbah Elektronik yang Semakin Menumpuk

Dengan kemajuan teknologi, populasi yang tumbuh lebih cepat dari sebelumnya, ada ancaman yang semakin nyata terhadap lingkungan kita. Limbah elektronik, atau e-waste, telah mulai menjadi titik fokus para pencinta lingkungan dengan generasi e-waste yang meningkat pada tingkat tahunan sekitar 4% dalam beberapa tahun terakhir. Angka ini diperkirakan akan naik hingga 8% ke depannya. Di Singapura sendiri, sekitar 60.000 ton e-waste dihasilkan dalam setahun!

Dampak Limbah Elektronik ke Lingkungan

Jumlah limbah elektronik meningkat dan Anda mungkin bertanya-tanya, “Apa hubungannya dengan saya?” Nah, limbah elektronik terbuat dari banyak zat yang dianggap beracun bagi manusia. Jika dikonsumsi atau dimasukkan ke tubuh kita dengan cara lain, zat-zat ini seperti logam berat atau bahan kimia, dapat merusak organ tubuh kita.

Ketika limbah elektronik ini tidak diproses dengan benar pada saat pembuangan, kita berisiko zat berbahaya lolos ke lingkungan kita. Ketika mereka dibuang bersama dengan limbah biasa, mereka diproses melalui berbagai metode seperti merobek-robek dan meleleh. Ketika hal ini terjadi, zat-zat ini diperkenalkan ke udara yang tidak hanya menyebabkan polusi udara tetapi juga dapat masuk ke tubuh kita melalui pernapasan.

Selain itu, jika sampah-sampah ini dibuang ke tempat pembuangan sampah, zat-zat berbahaya ini tidak hanya masuk ke dalam tanah, tetapi bahkan dapat mencemari air tanah juga. Sumber air tanah ini dapat mengarah ke sumber air kita atau ke tanaman yang kita tanam dan zat berbahaya dapat masuk ke tubuh kita melalui konsumsi.

Ini bukan fakta yang diketahui bahwa limbah elektronik tidak hanya dapat membahayakan lingkungan kita tetapi juga kita. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Badan Lingkungan Nasional Singapura, “60% konsumen mengatakan mereka tidak tahu cara mendaur ulang limbah elektronik mereka”. Maha Chemicals menyadari risiko lingkungan ini dan ingin berperan dalam menyelamatkan lingkungan. Untuk melakukannya, kami telah memasang Tempat Sampah Elektronik di dalam perusahaan pada Maret 2021. Limbah Elektronik yang dikumpulkan di Tempat Sampah ini akan dikumpulkan dan dibuang menggunakan proses yang tepat.

Upaya Maha dalam Mengelola Limbah Elektronik

Maha Chemicals tidak hanya mengumpulkan limbah elektronik perusahaan sendiri menggunakan tempat sampah elektronik, tetapi juga mendorong karyawan kami untuk mengumpulkan limbah elektronik dari rumah mereka untuk dibuang di tempat sampah. Kami berharap bahwa karyawan kami dapat menciptakan kebiasaan yang ramah lingkungan di masa mendatang. Pada 1 April 2021, Maha Chemicals telah mengumpulkan 16 kg limbah elektronik dan menargetkan untuk mengumpulkan 75 kg pada akhir tahun 2021.

Kami juga telah menghubungi pemasok, pelanggan, dan mitra kami lainnya untuk turut serta mengurangi limbah elektronik mereka. Pada akhirnya kami ingin menjadi organisasi yang mempromosikan keberlanjutan serta memberikan solusi berkelanjutan dan ini hanyalah permulaan.

Cek upaya keberlanjutan kami yang lain di sini!

ARTIKEL TERKAIT