Gellan Gum, Penstabil Makanan dan Minuman yang Vegan-friendly

Kesadaran masyarakat untuk hidup sehat dan gerakan untuk mengonsumsi makanan yang berasal dari tumbuhan, atau yang sering disebut plant-based diet semakin berkembang. Hal ini menjadi tantangan untuk industri makanan dan minuman agar terus beradaptasi untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Maha punya solusi yang tepat untuk hidrokoloid penstabil makanan dan minuman Anda. Mulai dari produk susu nabati, selai buah, hingga jus sari buah, Gellan gum dapat ditambahkan pada produk makanan dan minuman vegan, karena hidrokoloid yang ini aman untuk dikonsumsi dan vegan-friendly. Pelajari lebih lanjut mengenai karakteristik, fungsi, aplikasi, hingga rekomendasi batas aman penambahan Gellan Gum pada produk makanan dan minuman Anda!

Daftar Isi

Apa itu Gellan Gum?

gellan gum
Gellan Gum Powder (Berwarna Putih)

Gellan gum adalah polisakarida ekstraseluler yang bersifat hidrofilik. Senyawa ini disekresikan oleh mikroogranisme Sphingomonas elodea, atau yang disebut juga sebagai Pseudomonas elodea. Metode produksi bahan ini secara komersial yaitu dengan melalui kultur murni mikroorganisme tersebut, dan fermentasi karbohidrat. Gellan gum bersifat vegan-friendly dan aman diaplikasikan pada produk-produk vegan karena berasal dari tumbuhan.

Secara komersial, gellan gum tersedia dalam dua kategori, high acyl gellan gum (HA) dan gellan gum dan low acyl gellan gum (LA). Gellan gum HA terdiri dari tulang punggung dengan urutan pengulangan tetrasakarida dan dua buah gugus asil sebagai rantai cabangnya, dan molekul ini dapat dihasilkan secara natural. Gellan gum HA yang melalui proses deasilasi untuk menghilangkan gugus asilnya akan kemudian menghasilkan gellan gum LA.

Karakteristik Gellan Gum, Penstabil Nabati Vegan

Berikut beberapa karakteristik Gellan Gum:

  • Memiliki sifat penstabil yang baik
  • Tidak merubah rasa makanan/minuman
  • Tahan panas
  • Stabil dalam berbagai range pH
  • Pembentuk gel yang baik
  • Memiliki rheologi yang rendah

Fungsi Gellan Gum

Karena sifatnya yang dapat membentuk gel, gellan gum seringkali digunakan di industri makanan dan minuman dan memiliki fungsi sebagai berikut:

  • Pengental
  • Zat pensuspensi
  • Penstabil
  • Pembentuk gel

Aplikasi Gellan Gum pada Produk Pangan

Sesuai dengan fungsinya, gellan gum banyak digunakan pada industri makanan dan minuman, terutama pada minuman tersuspensi, yogurt, minuman protein nabati, jelly, puding, permen, selai, aditif rasa, dan makanan kaleng untuk hewan peliharaan. Berikut beberapa aplikasi gellan gum yang umum digunakan. Simak juga rekomendasi batas aman pengunaan gellan gum dalam makanan dan minuman.

1. Gellan Gum untuk Minuman Tersuspensi

gellan gum pada minuman tersuspensi

Pada minuman tersuspensi, penambahan gellan gum dapat menstabilkan suspensi, dengan meningkatkan stabilitas dan tekstur dari minuman. Selain itu, gellan gum juga sangat stabil untuk digunakan pada minuman-minuman asam yang memiliki pH lebih rendah.

Beberapa contoh aplikasi pada minuman tersuspensi:

  • Jus buah-buahan
  • Minuman berbasis susu

2. Gellan Gum untuk Minuman Protein Nabati

Pada industri minuman protein nabati dan minuman tinggi protein ataupun serat lainnya, gellan gum dapat meningkatkan stabilitas produk selama masa simpannya, serta mencegah pemisahan padatan dan cairan pada minuman. Terlebih lagi, penambahan gellan gum pada minuman protein nabati dapat meningkatkan rasa dari produk minuman tersebut.

Beberapa contoh aplikasi pada minuman tersuspensi:

  • Susu kedelai (Soya)
  • Susu oat
  • Susu almond
  • Produk protein berbasis nabati lainnya
gellan gum untuk produk susu nabati

3. Gellan Gum untuk Selai

gellan gum untuk produk selai

Pada industri selai, gellan gum digunakan sebagai alternatif gelling agent. Dibandingkan agen pembentuk gel lainnya, gellan gum dapat bekerja dengan baik dengan dosis yang lebih rendah. Selain itu, tekstur dan rasa selai juga lebih baik dibandingkan produk yang mengandung pektin. Secara umum, penambahan gellan gum pada selai dapat meningkatkan stabilitas, tekstur, dan rasa selai.

Beberapa contoh aplikasi pada selai:

  • Selai buah-buahan
  • Selai kacang
  • Selai srikaya
  • Dan berbagai selai lainnya

Batas Aman Penambahan Gellan Gum

Meskipun zat ini dikategorikan sebagai non toksik dan aman untuk dikonsumsi oleh manusia tanpa menghasilkan efek samping, ada batas rekomendasi penambahan gellan gum pada produk pangan, untuk menghasilkan produk yang sesuai ekspektasi. Berikut karakteristik dan batas aman penggunaan dua tipe gellan gum, LA Gellan Gum dan HA Gellan Gum.

Supplier Gellan Gum di Indonesia

Tertarik untuk mencoba gellan gum sebagai penstabil nabati untuk produk makanan ataupun minuman Anda? Maha Indonesia menyediakan gellan gum berkualitas tinggi untuk solusi pada produk makanan dan minuman Anda. Kontak kami untuk request sampel gratis ataupun konsultasi terkait formulasi dan pengembangan produk sekarang!

Ajukan Konsultasi Terkait Aplikasi Gellan Gum pada Industri Anda

Dapatkan juga sampel gratis dari kami, kontak kami sekarang!

ARTIKEL TERKAIT