Teknologi BMF MicroArch 3D Printing Untuk Produksi Perangkat Medis

Dalam perkembangan perangkat medis, para ilmuan menghadapi berbagai tantangan untuk merancang perangkat yang lebih kecil, presisi, dan ramah lingkungan. Meningkatnya penggunaan robot kolaboratif dan ketatnya permintaan toleransi memerlukan solusi inovatif. Blog ini membahas dampak teknologi 3D printing, khususnya Teknologi Pencetakan Stereolitografi Proyeksi Mikro (PμSL). Baca selengkapnya mengenai manfaat 3D printing dalam dunia medis!

Daftar isi

Tantangan Miniaturisasi dan Perakitan Alat Medis

Perangkat medis sedang banyak mengalami miniaturisasi (pengurangan ukuran), didorong oleh kebutuhan untuk meningkatkan kenyamanan pasien dan memungkinkan prosedur yang lebih presisi. Namun, pengurangan ukuran ini mengakibatkan naiknya kompleksitas perakitan peralatan medis. Metode manufaktur tradisional seperti pencetakan injeksi mikro atau mesin CNC memiliki keterbatasan dalam hal waktu pengerjaan dan biaya. Oleh sebab itu, para ilmuan membutuhkan solusi yang dapat menghasilkan komponen kecil dengan toleransi yang ketat secara efisien.

3D printing untuk Perangkat Medis

3D printing muncul sebagai teknologi yang mengubah pandangan dalam industri perangkat medis. Tidak seperti metode tradisional, 3D printing menghilangkan kebutuhan akan perkakas yang rumit, sehingga mengurangi biaya produksi dan waktu pengerjaan. Namun, tidak semua teknik 3D printing cocok untuk aplikasi perangkat medis.

Mengatasi Keterbatasan dengan Teknologi PμSL

Teknologi Projection Micro Stereolithography (PμSL) yang ditawarkan oleh BMF mengatasi kekurangan metode 3D printing lainnya. Kelebihan dari teknologi PμSL antar lain :

  • Memproduksi komponen kecil secara cepat dengan presisi dan akurasi tinggi, dengan menggunakan plastik biomedis
  • Memiliki resolusi 2 μm dan akurasi +/- 10 μm
  • Dapat mengimbangi kemampuan teknik injection molding untuk memproduksi perangkat medis yang kompleks dengan baik

Meningkatkan Desain Endoskopi

Endoskopi, sebuah alat yang biasa digunakan untuk diagnostik, juga mengalami pengurangan ukuran yang signifikan. Namun, pengurangan ini telah menyebabkan waktu percetakan produk yang lebih panjang, sehingga menghambat efisiensi. Dengan memanfaatkan 3D printing, produsen alat endoskopi dapat mengurangi jumlah langkah yang dibutuhkan untuk perakitan, sehingga waktu produksi menjadi jauh lebih cepat. Selain itu, integrasi konektor dan saluran langsung ke dalam desain endoskopi yang diproduksi oleh 3D printing, mengalirkan pasokan cairan dan saluran aliran gas secara efisien.

Stent Kardiovaskular
Stent Kardiovaskular
Cangkang Endoskopi
Cangkang Endoskopi
Penukar Panas untuk Pendinginan Darah
Penukar Panas untuk Pembekuan Darah
Jarum Suntik Spiral
Jarum Suntik Spiral

Memperluas Aplikasi PμSL

Selain endoskopi, teknologi PμSL juga sangat berpotensi untuk produksi berbagai perangkat medis. Cardiovascular stents dan blood heat exchangers bisa diproduksi dengan presisi dan cepat menggunakan teknologi PμSL. Teknologi ini telah berhasil digunakan dalam produksi spiral syringe needle menggunakan 3D printer, digunakan pada operasi invasif kecil, valve for gene sequencers, dan perangkat lab-on-a-chip (LOC). Keserbagunaan PμSL ini dapat menjadi awal kemajuan bidang perangkat medis.

Kesimpulan

Perkembangan teknologi 3D printing, khususnya PμSL, mentranformasi industri manufaktur perangkat medis. Dengan mengatasi kendala-kendala miniaturisasi, kompleksitas perakitan, dan biokompatibilitas, micro 3D printing dapat membantu para ilmuan untuk membuat perangkat medis yang lebih kecil, presisi, dan efisien. Dengan kemampuan menyesuaikan resolusi, dan toleransi pencetakan injeksi presisi yang dimilikinya, PμSL menawarkan solusi ampuh untuk produsen perangkat medis. Apabila industri medis memanfaatkan teknologi ini dengan baik, maka inovasi terobosan untuk meningkatkan perawatan dan pengobatan pasien akan terlihat.

Supplier Micro 3D Printer di Indonesia

Maha merupakan distributor resmi dari BMF MicroArch 3D printer di Indonesia. Dengan segala keunggulannya, alat ini bahkan dapat digunakan untuk merancang perangkat yang lebih kecil, presisi, dan ramah lingkungan dalam dunia medis. Kontak kami untuk info selengkapnya!

ARTIKEL TERKAIT