Panduan Memilih Freeze Dryer yang Sesuai Kebutuhan

Freeze dryer merupakan salah satu alat yang umum digunakan untuk mengawetkan sampel. Dengan menggunakan teknologi vakum pada temperatur rendah untuk menghilankan uap air, freeze drying menjadi salah satu metode yang disukai karena dapat digunakan untuk berbagai aplikasi tanpa merusak sampel. Simak panduan berikut untuk mengetahui freeze dryer yang Anda butuhkan! Dengan menentukan spesifikasi dan kebutuhan aplikasi, Anda dapat memilih mesin freeze dryer yang tepat sesuai kebutuhan Anda.

Table of Contents

Cara Kerja Freeze Dryer

Freeze dryer (atau lyophilizers) digunakan untuk menyiapkan sampel untuk penyimpanan jangka panjang ataupun sebagai langkah persiapan sampel. Freeze dryer menggunakan kombinasi pendinginan dan tekanan vakum untuk memenuhi kebutuhan lyophilization dari beragam kebutuhan penelitian dan lingkungan manufaktur. Dalam freeze drying, uap air dihilangkan dengan cara menempatkan bahan pada rak yang terekspos pada keadaan vakum. Dalam kondisi vakum ini, suhu diturunkan dan dinaikkan secara perlahan. Hal ini menyebabkan uap air berubah fase dari gas (uap) menjadi padat (beku). Dengan memanfaatkan proses sublimasi, di mana sampel berubah wujud dari padat menjadi gas, uap air dihilangkan dari sampel melalui pemanasan dan kondisi vakum total. Uap ini kemudian dikumpulkan pada kumparan dingin dalam bentuk es. Penggunaan mesin freeze dryer yang paling umum adalah untuk stabilisasi dan / atau penyimpanan bahan, farmasi, dan pengolahan makanan.

Panduan Memilih Freeze Dryer yang Sesuai

1. Menentukan Tipe dan Ukuran Freeze Dryer

      • Berapa banyak sampel yang ingin Anda proses?
      • Jenis sampel apa yang akan Anda proses?
      • Berapa banyak kandungan cairan pada sampel tersebut?

    Saat memilih ukuran freeze dryer, vendor merekomendasikan untuk mengambil ukuran 2 kali lipat dari kebutuhan volume bahan yang akan diproses. Sebagai contoh, pengering beku berukuran 6L  direkomendasikan untuk memproses hanya 3L sampel.

    • Dimana posisi dan letak freeze dryer tersebut akan dipasang?

2. Menentukan Temperatur Ruang Freeze Dryer, Kondensor, dan Pelarut

Freeze drying process
    • Berapa suhu critical dari produk/sampel Anda?
    • Pelarut (Solvent) apa yang Anda gunakan?
    • Dibutuhkan perbedaan temperatur sebesar 15-20 derajat Celcius antara suhu eutektik sampel dan suhu kolektor. Untuk pelarut seperti asetonitril, diperlukan sistem freeze drying bertingkat.
    • Berapa suhu kondensor yang dibutuhkan?
    • Berapa suhu ruang freeze dryer yang dibutuhkan?
    • Berapa kapasitas kondensor yang dibutuhkan?

3. Menentukan Tipe Pompa Vakum

    • Bagaimana tipe pompa vakum yang dibutuhkan?
    • Saat beroperasi menggunakan asam ataupun pelarut, direkomendasikan untuk menggunakan pompa scroll atau pompa hybrid. Karena tipe pompa rotary vane mudah rusak apabila uap dari zat tersebut masuk ke kolektor dan bercampur dengan oli pompa. Pastikan Anda memilih pompa vakum yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
    • Apakah stopper under vakum diperlukan?
    • Aksesoris tambahan memungkinkan Anda untuk melakukan stopper pada tekanan vakum atau nitrogen tanpa menggunakan gas bertekanan
    • Apakah freeze dryer ini akan digunakan untuk banyak aplikasi?
    • Pompa vakum hybrid direkomendasikan untuk penggunaan freeze dryer sharing ataupun pengoperasian pada berbagai kondisi dan aplikasi.
 
Vacuum Laboratory Freeze Dryer

4. Menentukan Aksesoris Freeze Dryer yang Dibutuhkan

Freeze Dryer Accessories
  • Apakah ada aksesoris tambahan yang Anda butuhkan?
  • Seberapa banyak automasi yang Anda butuhkan?
  • Apakah Anda akan melakukan freeze drying pada satu labu kaca, tabung reaksi, atau dalam jumlah banyak?
  • Terdapat berbagai aksesoris freeze drying yang dapat memfasilitasi drying secara sekaligus. Tabung reaksi dan vial dapat dimasukkan ke satu wadah untuk mengeringkan beberapa sampel sekaligus. Apabila sampel berbentuk bulk, dapat menggunakan tray untuk mengeringkan sampel.

Supplier Freeze Dryer di Indonesia

Setelah mempertimbangkan faktor-faktor di atas, sekarang saatnya Anda memilih spesifikasi freeze dryer yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Maha menawarkan solusi dari kebutuhan mesin freeze drying Anda. Bersama partner kami Toption, kami menawarkan freeze dryer yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dengan berbagai model yang dapat menyesuaikan beragam aplikasi mulai dari kebutuhan di rumah hingga skala komersial dan industrial, Anda dapat memilih freeze dryer yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Maha juga menawarkan berbagai aksesoris yang dibutuhkan. Konsultasikan kebutuhan Anda dengan teknisi ahli kami sekarang!

Tertarik untuk mempelajari lebih lanjut mengenai freeze dryer?
Kontak kami untuk mengetahui lebih banyak mengenai spesifikasi freeze dryer

Arsitektur Metamaterial Jaringan dan Ligamen 3D printed
Arsiteksur Metamaterial Dengan Micro 3D Printing

Cedera pada ligamen dan Tendon seringkali terjadi dan membutuhkan bahan restorasi efektif untuk memulihkannya. Micro 3D printing dengan keunggulannya yang telah diuji, dapat membuat rekayasa jaringan yang serupa dengan jaringan asli untuk memperbaiki cedera. Pelajari lebih lanjut disini!

Baca Selengkapnya »