Nozzle Micro 3D printing untuk Revolusi penelitian Spektroskopi

Spektroskopi (Spectroscopy) adalah studi interaksi radiasi elektromagnetik dan materi yang berperan penting dalam berbagai bidang ilmiah. Para peneliti sering menggunakan kuvet, wadah yang jernih secara optik untuk menampung sampel cairan selama analisis spektroskopi. Namun dalam aplikasi tertentu seperti terahertz spectroscopy dan dye laser, kuvet dapat menimbulkan kontaminan sehingga proses analisis terganggu. Untuk mengatasi keterbatasan ini, para peneliti telah beralih ke teknologi Micro 3D Printing untuk membuat nozzle yang tepat dan dapat mencetak lembaran atau jet cairan. Pelajari bagaimana Micro 3D Printing berevolusi lebih lanjut!

Daftar isi

Tantangan dalam Pembuatan Nozzle

Electrical Discharge Machining (EDM) dapat menghasilkan nozzle yang kecil dengan presisi tinggi, tetapi tidak mudah diaplikasikan dalam penelitian, harganya relatif mahal, terbatas pada bahan konduktif, dan tidak dapat membentuk sudut yang tajam. Selain itu, terdapat beberapa kendala dalam proses kerja EDM 3D printer :

  • Sulit mencetak komponen yang kecil, dengan presisi yang tinggi. (khususnya yang berdiameter sekecil 0,2 mm)
  • Tidak dapat mencetak secara beriringan dengan cepat, sehingga menghambat perputaran.
  • Tidak memadai untuk beberapa material tertentu, sehingga memiliki aplikasi yang terbatas

Pencarian Solusi

Adrian Buchman, seorang mahasiswa Ruhr-University Bochum (RUB) di Jerman, telah menghadapi tantangan tersebut ketika melakukan penelitian spektroskopi. Dalam upaya pencarian alternatif untuk nozzle buatan tangan, Buchmann menemukan Boston Micro Fabrication (BMF) dan teknologi terbaru mereka.

Micrro 3D Printed
Diameter - 2.403mm, Radius - 1.202mm
3D printed nozzle
Micro 3D printed nozzles

Projeksi Mikro Stereolitografi (PμSL)

Untuk mencapai ketepatan presisi yang diukur dalam puluhan mikrometer, Buchmann beralih ke Projection Micro Stereolithography (PμSL) BMF, suatu manufaktur aditif yang memiliki beberapa keunggulan lebih :

  • PμSL menggunakan kilatan sinar ultraviolet (UV) untuk membuat proses fotopolimerisasi pada seluruh lapisan material secara cepat
  • Memungkinkan proses yang efisien dalam waktu singkat
  • PμSL BMF menggunakan polimer cair yang diformulasikan secara khusus dengan sifat mekanik yang unggul

Selain itu sistem bahan terbuka BMF memungkinkan penggunaan bahan lainnya, sehingga memperluas potensi aplikasi 3D printer tersendiri.

Proses Cetak Mikro 3D dengan BMF MicroArch S240

Buchmann berkolaborasi dengan BMF untuk mencetak 18 versi 3D dari nozzle yang diperlukan dengan menggunakan printer 3D MicroArch S240, yang dirancang khusus untuk resolusi, akurasi, dan presisi yang sangat tinggi dalam paket desktop. BMF memilih resin fotopolimerisasi BASF Forward AM Ultracur® yang disebut RG, yang dikenal dengan daya tahan dan transparansi dalam warna kuning atau hitam. Setiap komponen spektroskopi berukuran 2,4 × 2,4 × 2 mm³, dengan tinggi lapisan 10 µm. Selain itu, total waktu cetak untuk 18 bagian tersebut hanya 4 hingga 5 jam. Fotopolimer RG menunjukkan sifat tensile dan flexural yang baik serta berkualitas, sehingga cocok untuk menahan tekanan yang terlibat dalam spektroskopi. BMF berhasil mengirimkan semua komponen yang dibutuhkan dalam waktu beberapa minggu.

3D printed nozzle
0.194mm x 0.393mm
Micrro 3D Printed
Diameter - 2.403mm, Radius - 1.202mm
3D printed nozzle
2.007mm
3D printed nozzle
0.982mm

Hasil dan Performa Nozzle Spektroskopi

Adrian Buchmann mengapresiasi serta mengafirmasi kemampuan teknologi PμSL BMF, dalam memberikan akurasi yang diperlukan serta menghasilkan beragam spesifikasi secara cepat dalam polimer yang tahan terhadap tekanan yang diperlukan. Saat ini, Buchmann sedang mengerjakan adaptor untuk menguji nozzle 3D Printer secara menyeluruh. Setelah tahap pengujian selesai, studi kasus yang diperbaharui akan memberikan informasi lebih lanjut tentang hasil eksperimen. Integrasi teknologi Micro 3D Printing menghadirkan solusi ke dalam penelitian spektroskopi, khususnya PμSL. Para peneliti sekarang dapat memperoleh nozzle yang sangat presisi, dapat disesuaikan, dan tahan lama yang menggantikan kuvet tradisional. Dengan kemampuannya untuk mencapai akurasi yang luar biasa dan memberikan hasil yang luar biasa.

Final result
Hasil akhir

Supplier 3D printer di Indonesia

Maha merupakan distributor resmi 3D printer BMF MicroArch S240 di Indonesia. Selain menghasilkan nozzle yang lebih presisi, 3D printer BMF MicroArch ini juga dapat menghasilkan spesifikasi yang beragam secara cepat. Kontak kami untuk info selengkapmya!

Kontak Kami!

Ketahui lebih jauh mengenai 3D Printer BMF MicroArch dengan para ahki kami disini!

ARTIKEL TERKAIT