Batas Aman Penggunaan ZPT

Apa itu ZPT?

ZPT (Zinc Pyrithione) adalah bahan aktif yang umum ditemukan dalam berbagai produk perawatan pribadi dan kosmetik seperti sampo, kondisioner, dan sabun mandi, dan dikenal dengan sifat anti-jamur dan anti-bakterinya. Hal ini menjadikannya bahan yang efektif untuk mengobati ketombe dan kondisi kulit lainnya. Pada tahun 2022, terdapat perubahan pada regulasi terkait penggunaan ZPT pada produk-produk kosmetik dan perawatan diri di Asia dan secara global.

Mengapa Pengunaan ZPT Dilarang?

Pada tanggal 1 Maret 2022, Uni Eropa telah mengklasifikasikan Zinc Pyrithione (ZPT) sebagai bahan yang dilarang karena potensinya menyebabkan kerusakan DNA.

Batas Penggunaan ZPT di Berbagai Negara (Update)

Pengunaan ZPT di ASEAN

regulasi ZPT di Indonesia

Di Indonesia dan negara-negara ASEAN lainnya, batas penggunaan ZPT sebagai bahan kandungan dalam produk (selain untuk menghambat pertumbuhan mikroorganisme) adalah sebesar 0.1% untuk produk tanpa-bilas, dan 2% untuk produk bilas. Sementara, batas pengunaan ZPT dalam produk kosmetik (hanya untuk sediaan bilas non-oral) yaitu 1% untuk sediaan rambut dan 0.5% untuk sediaan lainnya.

Pengunaan ZPT di Negara Lain

batas aman regulasi ZPT

Bahan Aktif Alternatif ZPT

Menanggapi update peraturan tersebut, Maha Chemicals menawarkan bahan-bahan alternatif dengan sifat anti-ketombe yang efektif yang meliputi:

  • Imercare-90P scrub (Perlite)
  • Colloidal Silver
  • Wasabi Flavone
  • Lactobacillus Plantarum
  • Piroctone Olamine
  • Zinc PCA
alternatif ZPT

Referensi

  1. Health Sciences Authority. (2023). Annexes of the ASEAN cosmetic directive (updated Jan 23).
  2. Scientific Committee on Consumer Safety. (2021). Opinion on Zinc Pyrithione (P81).
  3. Baker, J. (2021, January 5). EU cosmetic ingredients ban extends to Zinc Pyrithione. Cosmereg.

ARTIKEL TERKAIT