Menuju Industri yang Berkelanjutan, Maha Chemicals Kini Menjadi Anggota RSPO!

“Chemistry Gone Green, 25 by 25” – Maha is on an expedition to turn 25% of our businesses Green by 2025, from the smallest things like e-Waste bins to massive projects like eco-friendly chemistry and alternative fuels. In 2021, we have joined the RSPO membership as part of our sustainability initiative. We officially obtained the RSPO distributor license in 23rd  March 2021.

Apa itu RSPO?

RSPO, yang juga dikenal sebagai meja bundar minyak sawit berkelanjutan, bertujuan untuk mengubah pasar agar minyak sawit berkelanjutan menjadi suatu norma. RSPO adalah organisasi non-profit yang terdiri dari petani kelapa sawit, pengolah dan pedagang minyak kelapa sawit, produsen barang konsumen, LSM lingkungan, LSM sosial, bank/investor dan pengecer. Pedoman RSPO menyatakan bahwa produsen harus menghormati dan mempertimbangkan masyarakat setempat, menjamin bahwa tidak ada area ‘nilai konservasi tinggi’ (HCV) yang dibuka, dan meminimalkan dampak lingkungan dari produksi.

Prinsip dan Kriteria RSPO

Mengikuti prinsip-prinsip dan kriteria ini dapat membantu meminimalkan dampak negatif dari budidaya kelapa sawit terhadap lingkungan dan masyarakat.

Apa yang dimaksud dengan minyak sawit berkelanjutan dan mengapa hal ini penting?

Minyak kelapa sawit adalah bahan baku terbarukan yang sangat efisien dan serbaguna. Kelapa sawit menghasilkan lebih banyak minyak nabati per luas lahan dibandingkan dengan tanaman minyak nabati lain yang setara. Mengganti minyak kelapa sawit dengan minyak nabati lainnya dapat menimbulkan masalah lingkungan dan sosial yang serupa atau bahkan lebih luas.

Karena minyak kelapa sawit tetap memiliki permintaan yang tinggi secara global, minyak kelapa sawit telah menjadi pendorong utama deforestasi di beberapa hutan paling beragam di dunia, menghancurkan habitat spesies yang sudah terancam punah seperti Orangutan dan badak Sumatera.

Berikut ini beberapa fakta menarik yang menekankan pentingnya minyak kelapa sawit berkelanjutan:

  • 50% dari produk supermarket berasal dari minyak kelapa sawit (misalnya dari makanan hingga perlengkapan mandi)
  • Memiliki produksi minyak yang lebih banyak daripada minyak nabati alternatif lainnya
  • Minyak kelapa sawit memasok 35% dari kebutuhan minyak nabati dunia hanya dengan 10% lahan

Bagaimana Anda dapat berkontribusi?

Pilihan sehari-hari Anda membuat perbedaan! Dengan memilih produk yang terbuat dari minyak kelapa sawit berkelanjutan, Anda dapat memberikan dampak positif bagi planet kita. Maha Chemicals menawarkan bahan-bahan berbasis kelapa sawit bersertifikat RSPO untuk produk perawatan pribadi dan rumah tangga Anda.

Klik di sini untuk berbelanja rangkaian produk kami sekarang.

ARTIKEL TERKAIT